Selasa, 09 Juli 2019

AVES

VERTEBRATA: AVES

Setelah pada postingan sebelumnya kita membahas mengenai Reptilia, kali ini kita akan membahas kelompok hewan vertebrata selanjutnya, yaitu Aves.

A.    Karakteristik Aves
Kelas Aves (burung) terdiri atas 9.000 jenis. Aves mempunyai bagian tubuh berupa ekor, badan, leher, dan kepala. Seluruh tubuh burung ditutupi oleh bulu, kecuali kaki dan paruhnya. Bulu dan paruh burung terbuat dari keratin. Bulu-bulu tersebut, selain untuk terbang, juga berfungsi untuk menghangatkan tubuhnya. Ada tiga jenis bulu yang dimiliki oleh burung, yaitu plumae. Plumae merupakan bulu yang langsung menempel pada batang bulu. Plumulae, yaitu cabang dari plumae, dan filoplumae, yaitu helaian bulu yang paling halus yang merupakan cabang dari plumulae. Burung tidak memiliki gigi untuk mengunyah makanan, tetapi memiliki tembolok. Burung mempunyai sayap untuk terbang, bernapas dengan paru-paru, mempunyai pundi-pundi udara yang berfungsi untuk menyimpan udara pada waktu terbang, berdarah panas, dan mempunyai suhu yang tetap.
B.     Klasifikasi Aves
Aves meliputi banyak sekali ordo. Beberapa ordo telah punah. Beberapa ordo yang masih ada, antara lain:
1.      Rosares (galliformers)
Ordo ini memiliki kaki yang berfungsi untuk mengais dan berlari, serta memiliki paruh yang pendek. Contohnya, yaitu ayam buras (Gallus domestica), kalkun (Meleagris gallopavo), dan merak (Pavo cristatus).


Sumber: alamtani.com

2.      Ratites (palaeognatae)
Ratites meliputi beberapa kelompok burung yang tidak dapat terbang. Contohnya, yaitu burung unta (Struthio camelus) dan burung kasuari (Casuarius galeatus).


Sumber: greeners.co

3.      Natatores
Natatores merupakan burung perenang, berkaki pendek, memiliki selaput di antara jari-jari kaki. Contohnya, yaitu angsa (Cygnus sp.).

Sumber: arenahewan.com

4.      Grallatores (ciconiiformes)
Ordo ini memiliki kepala botak serta paruh, leher, dan tungkai panjang. Contohnya, yaitu burung flamingo (Phoenicopterus ruber).


Sumber: en.wikipedia.org

5.      Coraciiformes
Ordo coraciiformes memiliki paruh yang besar, kepala besar, dan tungkai pendek. Contohnya, yaitu burung rangkong (Buceros rhinoceros).


Sumber: goodnewsfromindonesia.id

6.      Columbiformes
Ordo ini memiliki paruh pendek dan tembolok yang besar. Contohnya, yaitu merpati (Columba fasciata) dan perkutut (Geopelia struata).


Sumber: beritagar.id

7.      Apodiformes (burung dengung)
Apodiformes memiliki lidah panjang dan dapat dijulurkan. Selain itu, Apodiformes membuat sarang dari saliva (sekret ludahnya). Contohnya, yaitu burung wallet (Chaetura pelagica).

Sumber: inibaru.id

8.      Oscines (Passeriformes (burung penyanyi))
Pada ordo ini pita suara berfungsi dengan baik. Oscines memiliki tiga jari kaki menghadap ke depan, satu jari ke belakang. Contohnya, yaitu burung gereja (Passer montanus) dan burung cendrawasih (Paradisea apoda).


Sumber: m.rri.co.id


DAFTAR PUSTAKA

Sumber Materi:
Dwisang, Evi Luvina. 2011. Buku Saku Biologi SMA. Tangerang Selatan: Scientific Press (Kelompok KARISMA Publishing).
Sulistyorini, Ari. 2009. Biologi 1 untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta: Balai Pustaka.
Yusa dan Manickam Bala Subra Maniam. 2013. Aktif dan Kreatif Belajar Biologi 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan dan Ilmu-ilmu Alam. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Sumber Gambar:

0 komentar:

Posting Komentar