Selasa, 09 Juli 2019

PERAN KINGDOM ANIMALIA

PERANAN KINGDOM ANIMALIA


Anggota kingdom Animalia memiliki peranan yang sangat besar bagi kehidupan manusia, khususnya bagi manusia. Animalia dapat berperan sebagai sumber makanan, hewan peliharaan, membantu pekerjaan manusia, dan memelihara keseimbangan ekosistem. Pada filum Poriferabanyak anggotanya yang membantu pekerjaan manusia. Seperti spons yang dapat dipakai sebagai alat pembersih. Anggota dari Kingdom Animalia yang dimanfaatkan sebagai makanan contohnya adalah dari filum Mollusca. Mollusca sebagian besar merupakan sumber protein, seperti kerang dan cumi-cumi. Selain itu, anggota dari Mollusca ada yang menghasilkan mutiara yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.
Pada filum Arthopoda,  anggota kelas Crustacea ini umumnya menguntungkan. Misalnya sebagai sumber protein bagi manusia. Adapun kelas insect , kupu-kupu dan serangga lainnya sangat bermanfaat untuk membantu proses penyerbukkan pada tumbuhan. Bagi manusia, manfaat insect diantaranya sebagai oenghasil madu, dan pemangsa hama.
Pada kelas Reptillia, banyak anggotanya yang berperan dalam memelihara keseimbangan lingkungan. Contohnya adalah ular pemakan tikus yang merupakan hama bagi tanaman budidaya. Selain itu, kulit hewan juga bermanfaat dalam penbuatan dompet, tas dan barang lainnya.
Pada kelas Mammalia, anggota yang berperan dalam menyediaakan bahan pangan bagi manusia diantaranya adalah sapi dan kambing. Sedangkan pada Kelas Aves misalnya ayam yang dapat dimanfaatkan daging, kulit dan bulunya.
Bagi manusia, Kingdom Animalia memiliki peranan sebagai berikut
  • Sumber makanan, contoh: cacing palolo, cacing wawo, cumi-cumi, udang, ikan, daging             dan telur.
  • Bahan sandang contoh: Attacus atlas (ulat sutra)
  • Penyusun terumbu karang, contoh: anggota filum Porifera dan Cnidaria
  • Bahan obat-obatan, contoh:spons dari spesies Petrosia contegnatta (filum porifera), telur ayam kampung
  • Bahan kosmetik, contoh: ubur-ubur dan Perichaeta (cacing hutan)
  • Predator alami, contoh: katak (predator alami dari serangga)
  • Sebagai detrivitor, yaitu anggota filum Echinodermata

Selain mempunyai peranan bagi manusia, kingdom animalia memberikan efek negatif (merugikan) antara lain sebagai berikut:
  • Menyebabkan penyakit pada manusa dan hewan ternak contohnya: sebagian besar anggota Platyhelminthes dan nematode sebagai hama tanaman: contoh wereng
  • Sebagai vektor penyakit, contoh: Anopheles sp. dan Aedes Aegypti 



DAFTAR PUSTTAKA
Sumber Materi:
Karmana,Oman. 2007. Cerdas Belajar Bioogi Untuk Kelas X SMA/MA. Bandung: Grafindo Media Pratama
Maniam, Yusa. 2013. Aktif dan Kreatif Belajar Biologi 1 untuk kelas X SMA/MA Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Grafindo Media Pratama
Sumber Gambar:

0 komentar:

Posting Komentar