Selasa, 09 Juli 2019

REPTILIA

VERTEBRATA: REPTILIA

Pada postingan kali ini kita akan membahas hewan vertebrata berikutnya, yaitu Reptilia.

A.    Karakteristik Reptilia


Sumber: onlinesciencenotes.com

Reptilia berasal dari bahasa Latin, yaitu reptile yang berarti ular. Reptilia umumnya poiklotern. Reptilia terdiri atas kurang lebih 6.000 jenis hewan, meliputi ular, kadal, kura-kura, dan buaya. Reptilia menyimpan telurnya yang dilindungi oleh kulit tebal dan memiliki membran internal. Reptilia adalah hewan darat yang hidup di air. Reptilia memiliki fertilisasi internal. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini merupakan karakteristik umum dari Reptilia, yaitu:
1.      Tubuh ditutupi oleh kulit yang kering dan keras serta disokong oleh sisik
2.      Bergerak dengan cara merangkak atau melata
3.      Bernapas dengan paru-paru
4.      Beberapa reptilia dapat mengalami ganti kulit atau ekskufikasi
B.     Klasifikasi
Kelas Reptilia dibedakan menjadi empat ordo, yaitu:
1.      Squamata (reptilia bersisik)
Ordo squamata dibagi menjadi dua, yaitu:
a.       Lasertilia (sauria)
Anggota dari lasterilia (sauria) memiliki ciri, yaitu gigi melekat pada rahang, lidah dapat dijulurkan, dan kelopak mata dapat dipejamkan. Contoh: Kadal (Lacerta agilis), cecak (Hemidactylus frenatus), dan komodo (Varanus komodoensis).


Sumber: wall.alphacoders.com

b.      Ophidia
Ophidia umumnya tidak memiliki kaki, lidah bercabang dua dan dapat dijulurkan, beberapa kelenjar parotis dapat menghasilkan racun yang keluar melalui lubang taring. Contoh dari Ophidia, yaitu ular pohon (Boiga sp.) dan ular kobra (Naja tripudians).


Sumber: wallhere.com


2.      Chelonia
Karakteristik dari ordo Chelonia, yaitu tubuh dari dilindungi oleh karapas dan plastron, tidak bergigi dan memiliki lidah yang tidak dapat dijulurkan. Contohnya, yaitu kura-kura air tawar (Chelydra sepentia) dan penyu (Chelonia mydas).


Sumber: edition.cnn.com

3.      Crocodilia
Karakteristik dari ordo Crocodilia, yaitu memiliki permukaan tubuh bersisik dan pada bagian pangkal lidah terdapat lipatan transversal untuk menutup faring pada saat membuka mulut di dalam air. Contohnya, yaitu buaya (Crocodylus sp.).


Sumber: wallhere.com

4.      Rhynchocephalia
Rhynchocephalia merupakan ordo paling primitive di antara ordo Reptilia yang lain. Saat ini, hanya ada satu jenis yang masih hidup, yaitu tuatara (Sphenodon punctatus).


Sumber: animals.sandiegozoo.org

C.     Peran Reptilia
Ular-ular bebrbisa banyak ditangkap dan diambil bisanya untuk dijadikan obat antibisa. Obat antibisa sangat membantu dalam mengobati korban gigitan ular-ular dengan bias sangat beracun, seperti kobra dan ular derik.


DAFTAR PUSTAKA

Sumber Materi:
Dwisang, Evi Luvina. 2011. Buku Saku Biologi SMA. Tangerang Selatan: Scientific Press (Kelompok KARISMA Publishing).
Sulistyorini, Ari. 2009. Biologi 1 untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta: Balai Pustaka.
Yusa dan Manickam Bala Subra Maniam. 2013. Aktif dan Kreatif Belajar Biologi 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan dan Ilmu-ilmu Alam. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Anonim. 2015. Kelas Reptilia. Diambil dari www.edubio.info (https://www.edubio.info/2015/02/kelas-reptilia.html?m=1) diakses pada 07 Juli 2019 pukul 20:36 WIB.
Sumber Gambar:

0 komentar:

Posting Komentar