Selasa, 09 Juli 2019

PISCES

PISCES
Kelompok hewan ini hidup di lingkungan air, contohnya ikan. Hewan ini bernapas dengan menggunakan insang. Sebagi alat geraknya, hewan ini menggunakan sirip yang terdiri dari sirip punggung, sirip dada, sirip perut, dan sirip ekor. Ikan ini termasuk hewan berdarah dingin, karena suhu tubuhnya berubah-ubah sesuai dengn suhu lingkungannya.
Kelompok pisces dibedakn menjadi tiga kelas, yaitu kelas Agnatha, Chondrichtyes, dan Osteichthyes.
      a.       Kelas Agnatha


Semua ikan yang tergolong Agnatha tidak berahang, misalnya lampre (Petromyzon marinus) dan ikan pasuk. Lampre merupakan ikan mirip belut yang memiliki panjang 30-100cm yang biasa hidup di daerah beriklim sedang. Mulut pengisapnya yang sangat lebar berbentuk seperti mangkuk yang dipenuh dengan gigi. Giginya dari bahan zat tanduk yang berfungsi untuk meubangi ikan mangsanya. Ikan pasuk banyak terdapat di dasar lut dingin dan sedang.





      b.      Kelas Chondrichthyes


Merupakan ikan bertulang rawan yang memiliki rahang. Notochord, pada waktu dewasa berubah menjadi vertebrat. Respirasi dari ikan ini menggunakan insang dan fertilisasinya terjadi secara internal.
      c.       Kelas Osteichthyes

Merupakan ikan bertulang belakang sejati memiliki rahang. Kebanyakn spesies Osteichthyes melakukan fertilisasi eksternal dan banyak yang menghasilkan telur. Respirasi pada Osteichthyes menggunakan insang.







Daftar Pustaka
Sumber materi :
Herlina, Rose.  2004. Inti Sari Biologi SLTP. Jakarta: Kawan Pustaka.
Karmana,Oman. 2007. Cerdas Belajar Biologi untuk kelas X Sekolah /menengah Atas/Madrasah aliyah. Bandung: Grafindo.
Setiowat, Tetty dan Deswanty furqonita. 2007. Biologi Interaktif Jilid 1. Jakarta: Azka Press.

Sumber gambar :


0 komentar:

Posting Komentar