Senin, 01 Juli 2019

HEWAN AVERTEBRATA: FILUM NEMATHELMINTES

NEMATHELMINTES


Nemathelminthes berasal dari kata nemathos = benang dan helminthes = cacing. Jadi, nemathelminthes adalah cacing yang berbentuk giling dan tidak bersegmen, hidup sebagai parasit, dan merupakan hewan triploblastik Pseudoselomate. Sejumlah analisis cladistic selama 10 tahun terakhir menunjukkan bahwa pembagian nematoda sebelumnya ke dalam dua keluarga Adenophorea dan Secernentea tidak valid.






Sumber : dosenpendidikan.com

A.       Ciri-ciri Nemathelmintes

1.      Tubuh dilapisi kutikula, tidak bersegmen, pseudolomata, dan triploblastik.
2.      Saluran pencernaan yang sempurna; dari mulut sampai dengan anus.
3.      Sistem respirasi melalui permukaan tubuh secara difusi.
4.      Saluran peredaran darah tidak ada, tetapi cacing ini mempunyai cairan.
5.     Memiliki alamt kelamin yang terpisah, cacing betina yang lebih besar daric acing jantan, dan tidak berkembang biak secara aseksual.
6.      Cacing jantan mempunyai ujung berkait.


B.       Klasifikasi Nemathelmintes




Sumber : buku Pechenik, John A
1.        Kelas Nematoda
a.    Tubuh slindris seperti benang (nema = benang; toda = bentuk).
b.    Nematode umunya ditemukan di laut dalam, ratusan atau bahkan ribuan meter dibawah permukaan laut.
c.  Spesies nematode yang hidup bebas bisa ditemukan ditanah, dan spesies nematode lainnya adalah parasit utama vertebrata, invertebrate dan tanaman.
d.      Nematode pada umunya berukuran 1-2 mm
e.      Tidak menunjukkan segmentasi eksternal.
f.       Aselomata dan pseoselomata (berongga tubuh semu) atau yang memiliki rongga tubuh kecil yang terletak diantara dinding luar tubuh.
g.      Berbentuk bulat panjang seperti benang dan runcing di kedua ujungnya.
h.      Lapisan eksternal dari kutikula.
i.   Permukaan tubuh secara umum tampaknya peka terhadap cahaya pada beberapa spesies, mungkin menghubungkan sensitivitas langsung dari saraf saraf yang mendasarinya.  spesies apa pun memiliki reseptor cahaya berpigmen sederhana (ocelli).
j.     Sebagian besar spesies nematoda bersifat gonochoristic (G: 2 rumah);  yaitu, mereka memiliki jenis kelamin yang berbeda.  Individu bersanggama, jadi pemupukan internal.  Biasanya, jantan memiliki satu hingga 2 spikula kopolimer posterior yang dimasukkan ke dalam gonopore betina selama transfer sperma, tetapi dalam setidaknya satu spesies, jantan menghamili betina dengan menembus dinding tubuhnya.
k.    Nematoda juga memparasit akar, batang, daun, dan bunga tanaman, termasuk spesies yang sangat penting secara ekonomi, seperti kacang kedelai, kentang, gandum, tembakau, bawang, dan bit gula.  Beberapa parasit parasit ini mencapai panjang yang besar, meskipun mereka mungkin sangat tipis.  Nematoda terbesar yang dijelaskan sejauh ini adalah 9 m panjangnya dan berada di plasenta paus.

Tekanan yang ada pada spesies nematoda rata rata adalah70-100 mm Hg (mm mercury).10 kali lebih tinggi dari hewan avertebrata lainnya. Tekanan yang ada pada cacing tanah kurang lebih lebih 5-10 mm hg. Pada annelida kurang dari 1 mm Hg.  Ada dua faktor yang berkontribusi untuk menghasilkan dan mempertahankan tekanan tinggi pada nematoda. yang pertama kutikula tidak bisa mengembang untuk menghilangkan tekanan. Kedua, otot otot selalu dalam keadaan tetap, . Tekanan internal yang tinggi memberi penampag tubuh nematode ,melingkar oleh kkarena itu ia disebut dengan ‘’ cacing gelang’’ (Roundworms).


Sumber : buku Pechenik, John A

Kutikula yang kaku, tekanan internal yang tinggi, dan kurangnya otot melingkar menghalangi pembentukan gelombang pedal atau gelombang peristaltik untuk bergerak. Nematoda seperti arthropoda tidak memiliki silia lokomotif sehingga tidak dimungkinkan adanya pergerakan silia di dalam tubuhnya.
Gambar diatas merupakan contoh parasitisme oleh nematoda dan pengaruhnya terhadap inang (a) Trichinella spiralis (bertanggung jawab untuk trichinosis), ditunjukkan dalam otot luruk vertebrata.  (B) Hati anjing penuh dengan Diaria filaria (cacing hati).  (c) Pandangan cutaway belalang yang terinfeksi Agamermis decaudata. (d) Gall.formation oleh nema todes (Heterodera rostochiensis) parasit dalam akar tanaman.  (e) Laki-laki manusia dengan kaki gajah.

2.      Kelas Nemathophora




                                                            
                                                                       Sumber : bmig.org.uk

a.      Tubuh bulat kecil seperti rambt, disebut juga cacing rambut.
b.      Contoh: Nectonema sp. dan Gordiust sp. (paasit pada arthopoda).

C.     Peranan Nemathelminthes
a.     Kebanyakan nemathelminthes bersifat parasit baik pada manusia maupun pada hewan.
b. Spesies yang membutuhkan serangga sebagai inang perantara semakin banyak digunakan untuk mengurangi ukuran populasi berbagai serangga, termasuk nyamuk dan beberapa hama pertanian
c.    Spesies ini kemungkinan memainkan peran ekologis yang berharga dalam siklus nutrisi dan energi dalam berbagai jenis lingkungan.
d.      Nematoda yang hidup bebas mungkin juga memiliki nilai komersial yang baru muncul sebagai sumber makanan potensial dalam budidaya beberapa hewan yang dapat dimakan.


DAFTAR PUSTAKA

Sumber Materi :
Kusnadi, S Pd, M Si dan Soni Muhsinin, M Si, Dr Yayan Sanjaya, M Si. 2017. New Edition Pocket Book Biologi SMA/MA kelas X, XI, & XII. Jakarta : Cmedia.
Pechenik, John A. 2015. Biology of Invertebrates Fifth Edition. New York: MCGraw-Hill.
Sumber Gambar :
Pechenik, John A. 2015. Biology of Invertebrates Fifth Edition. New York: MCGraw-Hill.

0 komentar:

Posting Komentar