Jumat, 05 Juli 2019

HEWAN AVERTEBRATA: FILUM MOLLUSCA




HEWAN AVERTEBRATA: FILUM MOLLUSCA

Materi yang akan dibahas pada postingan kali ini, yaitu filum mollusca.


Hewan Mollusca 

A.    Pengertian Filum Mollusca
Mollusca (Latin, mollusca = lunak) adalah jenis hewan bertbuh lunak dan multiseluler. Tubuhnya simetris bilateral dan tidak beruas. Hewan ini termasuk ke dalam kelompok hewan triploblastik dan memiliki cangkak atau cangkok. Cangkok ini terbuat dari kelenjar lendir dan bahan CaCo3 yang dimiliki mollusca pada bagian mantel. Mantel juga membungkus sistem pada mollusca seperti sistem pencernaan, peredaran darah,ekskresi, saraf, reproduksi, dan sistem otot. Pembungkus tersebut disebut hewan kosmopolit.
B.     Cara Hidup dan Habitat Mollusca
Pada umumnya mollusca hidup secara bebas, sebagai herbivore maupun karniora, dengan memkan ganggang, tumbuh-tumbuhan, kepiting, ikan dan hewan mollusca lainnya. Mollusca hidup diperairan dangkal (laut, air tawar, air payau) da nada pula yang hidup di darat. Akan tetapi ada mollusca yang hidup sebagi parasite.
C.     Karakteristik Tubuh Mollusca
1.      Ukuran dan Bentuk Tubuh Mollusca
Ukuran tubuh mollusca bervariasi, ada yang berukuran beberapa milimeter hingga panjangnya 18 m. betuk tubuh mollusca bervariasi, simetris bilateral, tertutup mantel yang menghasilkan cangkang, adapula yang berbentuk bulat atau slindris seperti cacing.
2.      Struktur dan Fungsi Tubuh Mollusca
Pada umumnya mollusca memiliki tiga bagian utama yang sama, berupa kaki, massa visera, dan mantel. Kaki mollusca berotot dan dibagian telapak kaki megandung banyak lendirdan silia yang digunakan untuk pergerakan.
D.    Sistem Reproduksi Mollusca
Mollusca bereproduksi secara seksual. Pada umumnya gonokoris (organ kelamin jantan dengan betina terdapat pada individu yang berbeda), nmunada pula yang hermafroditfertilisasi terjadi secara internal di dalam tubuh betina atau eksternal (diluar tubuh).
E.     Klasifikasi Filum Mollusca
Filum mollusca dibagi menjadi beberapa kelas antara lain Polyplacophora, Pelecypoda, Gastropoda, Scaphopoda, dan Cephalopoda.
1.      Kelas Polyplacophora


 
Sumber: new Zealand shells

Polyplacophora dikenal dengan nama chiton, tidak memiliki mata dan tentakel, namun memiliki radula yang besar, kaki lebar, dan datar, serta 6-88 pasang insang.

2.      Kelas Pelecypoda


Pelecypoda dikenal sebagi kerang remis, tiram ,kijing atau scllop.Hewan ini memiliki cangkok yang terdiri atas tiga lapisan, yaitu periostrakum (lapisan luar yang terdiri atas zat kitin), prismatic (lapisan tengah yang terdiri atas Kristal CaCo3), dan nakreas (lapisan mutira yang terdiri atas CaCo3 yang halus dan dihasilkan tentakel).

3.      Kelas Gastropoda


Sumber : Swaggology

Gastropoda adalah mollusca yang berjalan dengan menggunakan perutnya, dan dikenal sebagi siput atau keong. Hewan ini memiliki peredaran darah terbuka dan alat eksrkresi berupa nefrida (ginjal) dan saluran ureter yang terletak dekat dengan anus. Gastropodamerupakan hewan yang bersifat hermafrodit.

4.      Kelas Scaphopoda


Scaphopoda disebut juga siput taring karena memiliki bentuk cangkang yang mirip gading gajah atau taringn, berwarn putih atau kekuningan. Cangkang terbuka pada kedua ujungnya. Siput taring hidup membenamkan diri pada pasir atau lumpur dilaut. Ukuran tubuh biasanya 3-6 cm.

5.      Kelas Cephalopoda

Cephalopoda adalah  mollusca yang kakinya berada dikepala dan dikenal sebgai cumi-cumi dan gurita. Semua cephalopoda hidup di laut. Ukuran tubuh bervariasi, cephalopoda tidak memiliki cangkang luar, kecuali Nautilus. Cangkang dalam tersusun dari zat tanduk, bersifat ringan dan trasnparan, yang disebut pen.






DAFTAR PUSTAKA

Sumber Materi:
Zakrinal & Sinta Purnama S. 2009. Jago Biologi SMA. Jakarta : Media Pusindo.
Irnaningtyas. 2013. Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Erlangga.
Sumber Gambar :


0 komentar:

Posting Komentar